Friday, April 6, 2012

MENGENAL SHORTCUT
Shortcut acapkali digunakan sebagai cara cepat untuk memanggil suatu program. Ketika menginstall suatu program, Shortcut seringkali dibuat oleh installer pada desktop ataupun Start Menu untuk mempermudah pengguna dalam mengakses program. Shortcut juga berperan penting di dalam item pada Control Panel. Shortcut sudah dipakai oleh Microsoft sejak Windows 95, tetapi baru didokumentasikan oleh Microsoft pada tahun 2009. Sejak kemunculan worm Stuxnet, dokumentasi inipun ditarik dan digantikan dengan versi baru.

Shortcut merupakan objek dimana terdapat informasi yang dapat digunakan untuk mengakses objek lain. Pada Shortcut, terdapat beberapa struktur yang dipakai untuk menaruh data, berikut antara lain yang dapat dijumpai pada sho :
• Shortcut key, digunakan untuk memanggil sho melalui kombinasi tombol di keyboard.
• Comment, digunakan untuk member keterangan pada sho.
• Advanced, digunakan untuk menjalankan sho dengan hak sebagai administrator.
• Change icon, digunakan untuk mengganti sho dengan icon yang lain

Dengan adanya sho, pengguna tidak perlu menuju lokasi program untuk menjalankan program tersebut. Dengan memanggil sho di desktop atau Start Menu, maka program dapat dipanggil dengan praktis.

Sumber : PC Media, edisi Februari 2011, page 100

Istilah-istilah :
Sho : Cara cepat untuk membuka suatu program
Installer : Suatu tools yang menginstalasi suatu program
Control panel : Tempat control semua informasi yang berhubungan dengan system,network,database,user
Worm Stuxnet : Menurut Arief Prabowo, merupakan kode yang begitu kompleks yang mampu mengeksploitasi beberapa celah Windows sekaligus, dengan target serangan yang ditujukan pada skala besar

Kata yang perlu perbaikan :
Acapkali : Seringkali
Menaruh : Menyimpan

No comments:

Post a Comment