Sunday, April 3, 2011

Organisasi Umum

Organisasi merupakan sekumpulan orang yang bekerja sama yang mempunyai tujuan yang sama dan mempunyai manajemen dan setiap menajemen tersebut tidak pernah terlepas dari 4 hal. Biasanya 4 hal ini disingkat dengan POAC yang berarti :

Planning  perencanaan
Organization  pengorganisasi
Actuniety  penepatan sesuai prosedur
Controling  pengawasan
Biasanya untuk membuat sebuah organisasi, pembuat/anggotanya tak akan terlepas dari 4 hal ini, karena ini sebagai roda organisasi yang akan menjalankan organisasi tersebut.
Begitu banyak sekali macam-macam definisi organisasi. Namun disini saya hanya menjelaskan tiga umum organisi dari orang yang termuka diantaranya adalah:
 Menurut Chester I Bernand
suatu system kegiatan bersama antar 1 orang dan lebih dari 2 orang,sesuatu sifat yang tidak berwujud &tidak bersifat berseorangan dan sebagian besar mengenai hubungan

 Menurut John M. Gous
Tata hubungan antar orang-orang untuk untuk dapat memungkinkan tercapainya tujuan bersama dengan adanya pembagian tugas & dan bertanggung jawab atas tugasnya

 Menurut Jomes D. Mooney
Bentuk kerjasama manusia untuk pencapai tujuan bersama
Sebuah organisasi juga mempunyai pandangan, yaitu sebagai pandangan wadah ”tempat kegiatan dilaksanakan dan juga sebagai proses” yaitu hubungan formil dan informal juga sebagai system.
Bila dilihat dari beberapa aspek, Organisasi memiliki berbagai makna :
Dilihat dari aspek wadah : Merupakan tempat pelaksanaan organisasi tersebut
Dilihat dari aspek proses : Memperhatikan interaksi atau kerjasama antar anggota dalam organisasi
Proses Organisasi di bagi menjadi 2 yaitu proses Formal dan proses Informal. Proses formal adalah organisasi pola hubungan yang ditetapkan secara resmi oleh top manejemen. Sedangkan pada proses informal mempunyai 3 peranan yaitu:

1. Untuk saran komunikasi
2. Untuk mengatur kerjasama
3. Untuk memelihara kebebasan dalam bertindak

No comments:

Post a Comment