Sunday, April 3, 2011

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP SEBUAH ORGANISASI

Manusia merupakan salah satu unsur terpenting dalam suatu organisasi. Apapun bentuk dan kegiatan organisasi, manusia selalu memainkan peranan yang penting di dalamnya, padahal setiap manusia mempunyai tujuan atau kepentingan individual yang berbeda. Tujuan individu inilah yang akan dipersatukan menjadi tujuan bersama dalam berorganisasi. Dalam mewujudkan kemampuan berorganisasi dibutuhkan seorang pemimpin, karena merekalah yang memiliki kemampuan mempengaruhi dan menggerakkan manusia lainnya untuk bekerja mencapai tujuan. Hal ini membuktikan bahwa kepemimpinan merupakan motor atau daya penggerak semua komponen yang ada di dalam suatu organisasi.
Dalam suatu organisasi, kepemimpinan memegang peranan yang sangat penting, pemimpin harus dapat mempengaruhi dan menggerakkan bawahan agar dapat mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien, yaitu suatu semagat kerja yang maksimal. Untuk mencapai tujuan organisasi seperti apa yang diharapkan maka sangat dibutuhkan suatu gaya kepemimpinan yang sesuai.
Demikian halnya dengan bawahan sebagai penggerak aktivitas organisasi, tidak hanya dipandang sebagai aset organisasi tetapi bagaimana cara memperlakukannya secara manusiawi sebagai manusia yang butuh penghargaan
Adanya hubungan kemitraan antara pimpinan dan bawahan yang keduanya saling menghormati posisi dan prestasi yang telah dicapai sesuai dengan posisinya
masing-masing. Dimana sistem kepemimpinan yang dilakukan di perusahaan menyangkut hubungan antara pimpinan dan bawahan.
Begitu pula dengan Sebuah Organisasi yang bergerak di bidang pendidikan pada khususnya yaitu dalam bidang lembaga bimbingan belajar. Pendidikan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan oleh tiap individu karena dengan pendidikan, orang dapat mengerti dan memahami perkembangan dunia dan segala isinya. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemajuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.
Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat, pemerintah, siswa dan guru. Hal ini sesuai dengan GBHN, yang menyatakan bahwa pendidikan dilakukan seumur hidup dan dilaksanakan di dalam lingkungan rumah tangga, sekolah dan masyarakat. Oleh karena itu, pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah yang ketiganya harus saling mendukung dan bekerja sama karena tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain.
Oleh karena di dalam sebuah organisasi sebuah bimbingan belajar pada aspek pendidikan harus mampu berjalan dengan baik dan tujuan utama dalam proses kegiatan belajar dapat terlaksana baik. Dan sebuah organisasi seperti ini harus membutuhkan struktur organisasi yang baik dan juga membutuhkan seorang pemimpin untuk menentukan dan meningkatkan tujuan utama dalam kegiatan belajar mengajar tersebut pada lembaga bimbingan belajar.

1 comment:

  1. Assalamualaikum...... Terima kasih banyak sangat membantu sebagai bahan diskusi kuliah saya mbak.

    ReplyDelete