Saturday, November 20, 2010

JARINGAN KOMUNIKASI DATA

Seringkali sangatlah tidak praktis saat dua perangkat komunikasi dihubungkan secara langsung, dari ujung ke ujung. Solusi bila terjadi masalaha seperti ini adalah dengan cara menghubungkan masing-masing perangkat tersebut dengan suatu jaringan komunikasi (communication network), diantaranya Wide Area Netrowks (WAN) dan Local Area Networks (LAN).

Wide Area Networks
Jaringan ini umumnya mencakup area geografis yang luas sekali. Biasanya suatu WAN terdiri dari sejumlah node penghubung. Suatu transmisi dari suatu perangkat diarahkan melalui node-node internal menuju perangkat tujuan yang dituju. Node-nodeini tidak berkaitan dengan isi data, melainkan dimaksudkan untuk menyediakan fasilitas switching yang akan memindah data dari satu node ke node yang lain sampai mencapai tujuan.

Biasanya WAN diimplementasikan menggunakan satu dari dua teknologi ini : Circuit switching dan Packet switching.

Circuit Switching
Di dalam jaringan circuit switching, jalur komunikasi yang tepat dibangun diantara dua station melalui node jaringan. Jalur adalah suatu rangkaian jaringan fisik yang terhubung diantara node. Pada masing-masing jaringan, suatu logical channel dimasukkan kedalam proses koneksi ini. pada setiap node, data yang masuk diarahkan ke channel keluar yang tepat tanpa mengalami penundaan.

Packet Switching
Untuk jaringan ini menggunakan pendekatan yang berbeda. Dalam hal ini, tidak perlu mempergunakan kapasitas transmisi sepanjang jalur melewati jaringan. Cukup dengan mengirimkan data keluar dengan menggunakan rangkaian potongan kecil secara berurutan, yang disebut packet. Masing-masing packet melewati jaringan dari satu node ke node yang lain sepanjang jalur

No comments:

Post a Comment