Saturday, November 20, 2010

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

Manusia di ciptakan sebagai makhluk paling sempurna. Karna itu juga manusialah menjadi penghuni paling aktif dalam mengurusi alam ini. Setiap gerak gerik yang dilakukan tak lepas dari tanggung jawab. Tanggung jawab adalah aturan yang harus di taati, dan saat tanggung jawab itu di langgar maka akan terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan.
Karna tanpa tanggung jawab seseorang tidak akan mungkin dapat menjalin hubungan baik dengan orang lainnya. Sementara manusia tidak mungkin dapat hidup tanpa orang lain, dan disini kita tau tanggung jawab dalam kehidupan ini seperti pintu dan rumah, (merupakan suatu rangkaian yang tak pernah bisa di pisahkan). Kita tidak akan pernah berhasil menjalani kehidupan bersosialisasi tanpa memiliki sifat tanggung jawab. Adapun tanggung jawab terbagi kedalam beberapa macam diantaranya.

Tanggung jawab pada diri sendiri
Contoh: dalam menjalani lajunya kehidupan, kita di tuntut untuk selalu makan dan minum memiliki tempat tinggal yang layak, dan berpakaian sewajarnya, karna jika tidak demikian kita tidak dikatakan hidup normal.

Tanggung jawab pada Keluarga
Contoh: dalam sebuah keluarga maka seorang kepala keluarga (ayah) di tuntut untuk dapat memberikan nafkah kepda anak dan istrinya, agar mereka dapat tetap hidup.

Tanggung jawab pada Pekerjaan
Contooh: seorang karyawan telah di tetapkan agar dapat hadir di kanor pada 07.30 . dan pada saat karyawan tersebut tak dapat memenuhi tanggung jawabnya maka pemotongan gaji akan di berlakukan.

Tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat.
Contoh: sebagai warga masyarakat yang baik kita di tuntut untuk bertanggung jawab, untuk selalu mengikuti ronda di setiap minggunya, dan saat kita tak dapat melakukannya maka aturan masyarakat itu sendiri yang berlaku.

No comments:

Post a Comment